Berita Kerjasama

Silaturrahim Baznas Jawa Timur di Unusa

Surabaya – Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya (Unusa) menerima kunjungan silaturrahim dari Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Provinsi Jawa Timur (23/09) di ruang rapat lt.8 kampus B Unusa Tower.

Prof. Kacung Marijan, Wakil Rektor I Unusa, mengucapkan terima kasih atas kunjungan Baznas Jawa Timur ke Unusa. Saat ini Unusa telah bekerja sama dengan Baznas Pusat dan Baznas Jawa Timur terkait pemberian beasiswa untuk mahasiswa di Unusa. Dan saat ini sedang proses pengajuan beasiswa yang dibiayai oleh Baznas Surabaya. Kami berharap silaturrahim ini dapat memberikan manfaat bagi kita semua.

KH. Ahsanul Haq, Wakil Ketua II Baznas Jawa Timur,menyampaikan salam takdzim dari ketua Baznas, Ali Maschan Moesa dan wakil ketua III, Muh. Muzakki karena tidak bisa hadir dalam silaturrahim ini.

Sesuai dari regulasi yang ada, ASN bayar zakat wajib melalui baznas. Kalau PTN, juga melalui baznas provinsi. Saat ini yg bisa kita dapat dari mereka masih 25%. Program di baznas terdiri dari program konsumtif dan produktif (yang bisa didanai baznas). Program konsumtif, contohnya fakir, masing2 kabupaten/kota dijatah 20 fakir yang dapat dana dari baznas jatim.

Terkait universitas, Baznas punya program Satu Keluarga Satu Sarjana. Sifatnya pemerataan, kami upayakan dana dapat tersebar merata di universitas di jatim, jadi meskipun tiap universitas hanya 5 mahasiswa penerima beasiswa baznas, tapi kami biayai dari semster 1 hingga semester 8. Yang terpenting dari silaturrahim ini, kami ingin menawarkan bahwasannya Unusa dapat membentuk UPZ bagi seluruh dosen/staf yang bekerjasama dengan kami untuk penyaluran zakat.

KH. Ahsanul Khuluq, menambahkan, Tujuan UPZ adalah untuk melegalkan proses pemungutan zakat bagi para wajib zakat, literasi zakat menjadi budaya zakat sehingga potensi zakat dapat maksimal.

Ir. Muhammad Faqih, Wakil rektor II menanggapi, apa jaminan untuk unusa jika dana tersebut dapat dicairkan dengan tepat waktu. Karena di Unusa sudah memiliki unit kerja sejenis UPZ dan sudah berjalan cukup baik.

Pihak Baznas akan menyampaikan tanggapan dan usulan dari Unusa ke pimpinan baznas.(kim/admin)

Anda mungkin juga suka...