Category Archives: Kerjasama

16Nov/21

Penandatanganan Kerjasama UNUSA dengan Dunia Usaha dan Dunia Industri

Senin, 15 Nopember 2021 dilakukan Penandatanganan Kerjasama UNUSA dengan Dunia Usaha dan Dunia Industri (DUDI) di Cafe Fastron Lt.3 Unusa Tower Kampus B. Kegiatan ini diselenggarakan dalam rangka menindaklanjuti luaran program magang dosen di industri yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Riset Pendidikan Tinggi. Penandatanganan kerjasama ini dihadiri oleh 8 perusahaan, mulai dari perusahaan swasta hingga BUMN dan anak perusahaannya. Perwakilan pusahaan yang hadir dalam penandatanganan ini, antara lain dari:

  1. PT. Pelindo Terminal Petikemas
  2. PT. Terminal Petikemas Surabaya
  3. PT. Terminal Teluk Lamong
  4. PT. Berlian Jasa Terminal Indonesia
  5. PT. Pelindo Marine Services
  6. PT. Pelindo Energi Logistik
  7. PT. Prima Citra Nutrindo
  8. PT. Genau Loka Gantari
09Nov/21

Monev Implementasi Kerjasama dengan Ambasador Fakultas

 

Indikator Kinerja Utama (IKU) adalah acuan untuk mengukur kinerja perguruan tinggi. Hal ini telah ditetapkan melalui Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 3/M /2021 tentang Indikator Kinerja Utama. IKU menjadi alat ukur kinerja baru bagi Perguruan Tinggi yang dinilai berdasarkan 8 (delapan) Indikator Kinerja Utama.

Pada diskusi rapat MONEV yang di lakukan pada Senin, 8 November 2021, Direktorat Perencanaan Pengembangan Kerjasama dan Alumni mengundang para Ambasador Fakultas untuk membahas regulasi implementasi kerjasama, sekaligus mendiskusikan poin-poin yang dimuat dalam ACUAN IKU 6 : Kerjasama dengan Mitra Kelas Dunia, antara lain :

  • Pengembangan kurikulum bersama (merancang output, konten, metode pembelajaran)
  • Menyediakan program magang
  • Tridharma Perguruan Tinggi
  • Kerjasama perusahaan multi nasional (lebih dari 1 negara)
  • Perusahaan nasional berstandar tinggi (pendapatan minimal 100 M)
  • Perusahaan teknologi global ( Top 100 Digital Companies)
  • Perusahaan start up (pendanaan-200 M)
  • Organisasi nirlaba kelas dunia
  • PT (top 100 QS)
  • RS kelas A dan B

 

04Nov/21

Diskusi Kerjasama UNUSA dengan Petrokimia Gresik

PT. Petrokimia Gresik merupakan Produsen Pupuk Terlengkap di Indonesia yang memproduksi berbagai macam pupuk dan bahan kimia untuk solusi agro industri. Pada awal tahun 2021 PT. Petrokimia Gresik telah menanda tangani kontrak kerjasama dengan UNUSA dalam rangka Tri Dharma Perguruan Tinggi tentang Internship dan Human Resource Development (Source: link). Rabu, 27 Oktober 2021 UNUSA melakukan Kunjungan Kerjasama dan pembahasan lahan praktik di Petrokimia Gresik. Kunjungan UNUSA dilakukan bersama Wakil Rektor 3, Drg. Umi Hanik, M.Kes selaku penanggung jawab bidang Perencanaan, Pengembangan, dan Kerja Sama UNUSA.

14Mar/15

UNUSA Gandeng Tiga Universitas Unggulan di Philipina

CEU-vice-president-300x226

Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya ( UNUSA)dalam meningkatkan kualitasnya terus melalukan terobosan dengan membangun kerjasama internasional. Dalam melakukan kerjasama memilih Universitas yang bertaraf internasional dan terbaik di negaranya.

Demikian dikatakan Ima Nadatien SKM MKes wakil rektor Unusa usai melakukan kunjungan ke Filipina 23-27 September 2014, didampingi oleh Dekan Keperawatan dan Kebidanan Yanis Kartini SKM MKep, Tiyas Saputri SS MPd

Dijelaskannya, universitas yang dipilih saat ini adalah Centro Escolar University (CEU), University of Northern Philippines (UNP) dan Philippine Women’s University (PWU). Tiga Kampus tersebut adalah kampus yang sudah berpengalaman.
“Sejumlah kampus di Filipina itu nanti akan mendukung program penelitian, pertukaran dosen, seminar , jurnal dan kelas internasional di Unusa, Selain itu, Unusa juga mendukung suksesnya ASEAN Community ” katanya.

 

Menurut Ima pada saat menerima Unusa, Dr. Ma. Cristina D. Padolina Vice Chairman President CEU akan menerima dengan baik Unusa bila kerjasama dengan CEU. Pintu selalu terbuka untuk Unusa bila melakukan kerjasama dengan kampusnya. Baik kerjasama pendidikan, penelitian, jurnal internasional dan kebudayaan. Setelah MoU secepatnya CEU dan UNUSA harus dilakukan dengan melakukan MoA (Memorandum of Agreement), sehingga secepatnya terealisasi kerjasama kedua kampus.

 

Dr. Largita P Protutar dekan keperawatan UNP didampingi Dr Antonio Agustin (International Affairs) dan Dr Juliete F (lecture) yang pernah datang ke Unusa dalam rangka mengisi seminar internasional di Unusa mengatakan, UNP yakin kerjasama dengan Unusa akan berjalan dengan baik,dia ingin kerjasama terealisasi tahun ini untuk doble degree dan penelitian.

 Dekan Keperawatan PWU Dr MA Edna F Diminguez secara terpisah mengungkapkan Unusa diharapkan kerjasama dengan seluruh fakultas yang ada di PWU yang ada hubungannya dengan fakultas yang ada di Unusa. Sehingga kerjasama lebih luas dan menguntungkan kedua kampus. Dengan begitu kedua kampus menyiapkan SDM yang berkualitas bertaraf internasional.

Ditambahkan Ima, kerjasama akan dibahas secara rinci mengenai pelaksanaan dan persetujuannya mengenai, Exchange of Students, Exchange of Faculties, Join-research antar negara dan regional, Credit Earnings per semester, Twinning Program, Joint-International Conference.

Kerjasama tersebut sudah dimulai dengan dikirimnya mahasiswa Filipina ke Unusa angkatan 2014 – 2015 tahun ini. Dari 20 mahasiswa Filipina yang masuk di Fakultas Keperawatan dan Kebidanan 10 mahasiswa, 5 mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis dan 5 mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu pendidikan. Dengan demikian, nantinya Unusa akan menawarkan program ini kepada mahasiswa baru kemudian akan dilakukan dua kali tes, yakni tes untuk masuk ke kampus Unusa dan tes untuk masuk ke kelas internasional. “ Unusa diharapkan dapat mencetak SDM yang berkualitas baik dalam dan luar negeri,” pungkasnya.

 

Sumber : kabarunusa.com