Berita Kerjasama

Penandatanganan Kerjasama dengan LPK Bahana Inspirasi Muda

Surabaya – Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya (Unusa) menyelenggarakan penandatanganan MoU kerjasama dengan Lembaga Pelatihan Kerja (LPK) Bahana Inspirasi Muda pada kamis (19/05) di Ruang Rapat lt.8 Unusa Tower Kampus B Unusa, Jemursari Surabaya. Kegiatan ini dihadiri oleh Rektor, Wakil Rektor I, II dan III, tim dari Lembaga Pelatihan Kerja Swasta (LPKS) serta tim dari Direktorat Perencanaan Pengembangan Kerjasama dan alumni.

Kerjasama ini dilakukan untuk mendukung program LPKS yang fokus pada persiapan dan pendidikan calon tenaga kerja yang ingin berkarir di luar negeri khususnya Jepang. “Yang perlu kami sampaikan, bahwa Unusa fokus pada pelatihan teknis calon pekerja migran khususnya perawat, bidan, caregiver, tokutei ginou (Pekerja Ketrampilan Khusus). Namun Unusa tidak punya kompetensi untuk penempatan tenaga kerja. Oleh karena itu, kerjasama dengan LPK Bahana adalah sebuah kepercayaan akan realisasi kompetensi penempatan calon tenaga kerja di Jepang”. Kata Bapak Rektor dalam sambutannya.

Bapak Sony Dwiariyandi, S.T selaku Direktur LPK Bahana menjelaskan bahwa saat ini mereka sedang merancang program yang disesuaikan dengan Gen Z demi meningkatkan animo para lulusan universitas untuk menjadi tenaga kerja di Jepang. Selain itu, LPK Bahana bekerjasama dengan perusahaan asal Jepang yaitu Handi Network International untuk memfasilitasi akses dan kebutuhan  calon tenaga kerja mulai dari tempat kerja, tempat tinggal, dan pendidikan lanjutan mengenai keperawatan. Dalam kegiatan ini, turut hadir CEO dari Handi Network International Mr. Tetsuro Haruyama.

“Salah satu program kami adalah pembangunan panti lansia di Jepang. Namun, kendalanya adalah kekurangan caregiver. Maka kami mengambil calon tenaga kerja dari luar Jepang seperti Vietnam dan Indonesia”, ujar Mr. Haruyama. Beliau menambahkan, “Saya harap Unusa bisa mengetahui bahwa program kami aman, mempunyai banyak fasilitas, bergaji besar dan mempunyai payung hukum yang legal. Kami bisa pastikan, tenaga kerja akan nyaman terkait fasilitas di tempat kerja”. (kim/admin)

Anda mungkin juga suka...