Berita Kerjasama

Penerimaan Mahasiswa Asing Asal Timor Leste

Surabaya – Tiga mahasiswa internasional asal Timor Leste yang mendapat beasiswa penuh dari Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya diterima Rektor Unusa di ruang rapat Rektor, Selasa (17/05).

Mereka adalah Adnan Manuel Herman-sya, Nofa Amalia Soares dan Koiru Nisa Ramos Costa. Tiga mahasiswa jurusan Keperawatan dan satu mahasiswa yang masih menyelesaikan dokumen keimigrasian jurusan Manajemen. Mereka resmi menjadi mahasiswa Unusa pada tahun 2020 dan kini sudah berada di semester 4. Sebagian besar siswa Internasional baru saja datang ke Indonesia karena Pandemi Covid-19 dan harus mengikuti pembelajaran online.

Rektor Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya, Prof. Dr. Ir. Ahmad Jazidie, M.Eng menjelaskan sejak Pandemi Covid-19 penggunaan teknologi digital di Unusa sangat masif.

“Walaupun kita harus menghadapi Pandemi Covid-19, kita tetap mendapat manfaat darinya. Pemanfaatan teknologi digital telah berkembang di Unusa. Ada platform E-sorogan. Setiap mahasiswa baru mendapatkan tablet untuk mendukung proses pembelajaran online melalui E-sorogan” ujarnya.

Selama studi, mereka akan didampingi Relawan Global Engagement Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya (Genus) sebagai pemandu mereka. Mohammad Anwar da Costa, Presiden Yayasan An-nur Dili Timor Leste menceritakan bagaimana An-Nur Dili dapat bekerjasama dengan Unusa.

“Pada tahun 2014, M. Nuh selaku Menteri Pendidikan dan Kebudayaan bersama Presiden RI saat itu, Susilo Bambang Yudhoyono berkunjung ke Timor Leste, dan itulah awal dari kerjasama antara Yayasan An-Nur dengan Unusa” ujarnya. Ia juga memiliki keyakinan kuat bahwa kerjasama antara Yayasan An-Nur dan Unusa, dapat meningkatkan sumber daya manusia.

“Kami di Timor Leste adalah minoritas, sehingga kami harus memperkuat sumber daya manusia kami terutama di bidang kesehatan sehingga kami dapat melestarikan Islam melalui kerjasama antara Yayasan An-Nur dan Unusa,” katanya.

Di akhir pertemuan salah satu mahasiswa, Koiru Nisa Ramos Costa memberikan kain tenun handmade bertuliskan Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya kepada Rektor. (nrl/admin)

Anda mungkin juga suka...