Berita Kerjasama

Perluas Jaringan Kerja Sama, FKIP Unusa Melakukan Kunjungan ke Beberapa Institusi di Malaysia

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya (Unusa) melakukan kunjungan ke beberapa institusi di Malaysia dari tanggal 06 s.d. 07 Juli 2024.

Kunjungan pertama adalah kegiatan program pengabdian masyarakat. Program pengabdian Masyarakat internasional ini merupakan bagian dari kerja sama antara Unusa dan Pondok An-Nahdloh, hal ini bertujuan untuk memperkuat hubungan pendidikan dan budaya antara Indonesia dan Malaysia. Fokus utama dari program ini adalah peningkatan kualitas Pendidikan di Pondok An-Nahdloh, khususnya Sanggar Bimbingan Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP).

Selanjutnya FKIP melakukan kunjungan ke Pengurus Cabang Istimewa (PCI) Muslimat NU Malaysia. Kunjungan ini berupa audiensi dan penandatanganan kerja sama untuk melaksanakan program Kuliah Kerja Nyata (KKN) Internasional yang bertujuan memperluas wawasan mahasiswa, meningkatkan kualitas pendidikan, serta memperkuat hubungan bilateral antara Indonesia dan Malaysia melalui program pendidikan dan sosial yang inovatif.

Agenda terakhir adalah silaturahmi ke Pengurus Cabang Istimewa Nahdlatul Ulama (PCINU) Malaysia. Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Unusa, Dr. Mohammad Thamrin Hidayat, yang memimpin delegasi Unusa, menyampaikan bahwa kunjungan ini memiliki beberapa tujuan strategis. Salah satunya adalah untuk mempererat hubungan antara Unusa dan PCINU Malaysia dalam rangka mengembangkan program-program pendidikan yang berbasis pada nilai-nilai lokal dan global. Pertemuan ini juga menjadi kesempatan bagi Unusa untuk mempresentasikan berbagai program unggulan yang telah dijalankan, seperti program beasiswa untuk mahasiswa berprestasi, program pengembangan keterampilan berbasis masyarakat, dan program penelitian yang berfokus pada isu-isu sosial dan lingkungan. Presentasi ini mendapat sambutan positif dari PCINU Malaysia, yang menyatakan ketertarikannya untuk mengadopsi beberapa program tersebut di Malaysia.

Dengan memperluas jaringan kerjasama, FKIP Unusa berharap dapat mendorong pertumbuhan dan perkembangan bersama di bidang pendidikan dan kebudayaan kedua bangsa.

Anda mungkin juga suka...