Berita Kerjasama

PT PLN NP Gandeng Unusa, Siap Terapkan dan Kembangkan Teknologi Virtual Reality

Surabaya – Mengikuti perkembangan teknologi masa depan, PT PLN Nusantara Power menggandeng Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya (Unusa) dalam penerapan dan pengembangkan teknologi Virtual Reality (VR). Kegiatan ini merupakan salah satu poin dari Penandatanganan Nota Kesepahaman di Bidang Pendidikan, Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, Serta Pendampingan, Pengkajian, dan Penerapan Teknologi antara Unusa dengan PLN Nusantara Power.

Direktur Utama PT PLN Nusantara Power, Ruly Firmansyah menyampaikan, bahwa PLN Nusantara Power dan Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya beberapa waktu yang lalu telah mengadakan pertemuan untuk membicarakan apa saja potensi dari kedua belah pihak yang bisa disinergikan untuk mendukung pengembangan korporasi dan sumber daya manusia.

“Pertemuan yang didukung oleh Satuan Technology Development and Asset Management, serta didukung Bidang Corporate Communication and CSR bersama Unusa  ini telah menelurkan beberapa point yang bisa dikerjasamakan ke depan,” ungkapnya, saat memberikan sambutan MoU antara PT PLN NP dengan Unusa di ruang rapat direksi PT PLN  Nusantara Power, Jumat Petang, (14/4).

Ruly menambahkan, pada 6 Maret 2023 lalu, Alhamdulillah, Kita telah mencapai kesepahaman untuk melakukan kerja sama dalam lingkup: Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat; Pendampingan, Pengkajian, dan Penerapan Teknologi; Peningkatan Kualitas Sumber Daya Manusia; serta bidang-bidang lain yang akan disepakati kemudian.

“Alhamdulillah Nota Kesepahaman akhirnya baru dapat kita tanda tangani bersama pada hari ini. Terima kasih atas kesabaran teman-teman Unusa untuk menyesuaikan dengan agenda Kami. Dengan ditandatanganinya nota kesepahaman itu, baik PLN NP maupun Unusa  telah memiliki dasar dan landasan untuk melakukan kerja sama antar kelembagaan. Kedua belah pihak bisa lebih fokus lagi dalam membicarakan setiap bidang serta detail yang akan dikerjasamakan,” tambahnya.

Ruly mengungkapkan, Seperti kita ketahui, Unusa merupakan salah satu perguruan tinggi yang punya keunggulan di bidang teknologi. Virtual reality telah menjadi bagian dalam kegiatan belajar mengajar dengan didukung adanya fasilitas Laboratorium Virtual Reality. Hal ini sangat sesuai dengan PLN NP yang juga mengedepankan teknologi dalam menjalankan proses bisnisnya.

“Kompetensi Unusa di bidang teknologi tersebut akan kita sinergikan untuk mendukung pengembangan proyek-proyek virtual reality PLN NP. Pada tahap awal Insya Allah akan Kita kembangkan prototype virtual reality untuk pelaksanaan safety induksi bagi Unit PLN NP,” ungkapnya.

Ruly menambahkan, Ke depan, semoga kerja sama ini bisa terus dikembangkan untuk mendukung digitalisasi dalam kegiatan penghijuan maupun penyediaan biomassa bagi co-firing PLN NP. Diantaranya melalui pembuatan Peta Digital Penghijauan Jawa Timur yang bersifat touch interactive dan juga pembuatan mapping kaliandra di Jawa Timur.

“Pada sisi lain, PLN NP juga akan membuka kesempatan bagi para mahasiswa Unusa untuk melakukan Program magang di bidang K3, manajemen, maupun edukasi. Dengan demikian akan terjadi sinergi dalam menambah kompetensi mahasiswa dalam pengalaman kerja di bidang industri,” tambahnya.

Rektor Unusa, Prof. Dr. Ir. Achmad Jazidie, M.Eng., mengungkapkan, bahwa MoU ini merupakan hal penting dan luar biasa bagi Unusa, karena Unusa dipercaya oleh PT PLN NP sebagai mitra dalam penerapan dan pengembangan virtual reality. Unusa mengucapkan terima kasih kepada PT PLN NP atas kesempatan yang diberikan untuk mendukung kemajuan dan berpartisipasi dalam pengembangan dunia teknologi diberbagai bidang serta siap dalam mengimplementasikannya. “Tujuan kerjasama ini tidak lain adalah untuk ikut terjun dan mendukung kemajuan Indonesia, melalui kemajuan teknologi. Hal tersebut merupakan sebuah kehormatan bagi kami. MoU ini sangat penting bagi Unusa, karena dapat meningkatkan pengembangan SDM dan kemajuan institusi masing-masing. Melalui niat baik antara Unusa dengan PT PLN Power, semoga selalu diberkahi untuk kebaikan masing-masing lembaga,” pungkasnya. (Humas Unusa)

Anda mungkin juga suka...