Berita Komite Manajemen Risiko

Rapat Perdana Komite Manajemen Risiko

Komite Manajemen Risiko melakukan rapat perdana untuk membahas dokumen-dokumen yang diperlukan untuk menjalankan manajemen risiko di Universitas, Kamis (16/1)

Setelah Surat Keputusan Rektor diterbitkan, maka Komite Manajemen Risiko melakukan rapat bersama secara online melalui zoom meeting yang dihadiri oleh seluruh tim manajemen risiko untuk membahas dokumen-dokumen yang diperlukan, misalnya Buku Pedoman Manajemen Risiko, Komitmen Pimpinan untuk menjalankan manajemen risiko, serta Buku Petunjuk Pelaksanaan Manajemen Risiko.

Rapat perdana kali ini membahas tentang isi buku pedoman manajemen risiko serta form yang akan digunakan untuk mengidentifikasi risiko hingga proses monitoring dan review. Dr. Syahril menyampaikan bahwa “kategori risiko Human Capital Information Capital; Organization Capital; Academic Excellence; Research Excellence; Community Service Excellence; Holding Excellence dapat diringkas menjadi satu kategori yaitu Risiko Operasional. Salah satu contoh keterkaitan antar kategori risiko adalah risiko operasional dapat mengarah pada risiko strategis. Namun risiko operasional juga bisa tidak mengarah ke risiko strategis jika risiko strategis tersebut mengalami proses mitigasi”. Selanjutnya nanti akan ada sosialisasi menyeluruh tentang manajemen risiko kepada seluruh risk owner dan risk officer.

Anda mungkin juga suka...