Berita Kerjasama

Kerjasama Strategis Antara Unusa dan Koba Mirai Japan

Surabaya – Peluang untuk menjadi ahli medis seperti perawat dan bidan di luar negeri sangat besar. Peminatan tenaga kerja dari sektor tersebut terus mengalami peningkatan, khususnya di negara Jepang. UNUSA sebagai Universitas yang berkembang cukup pesat di Jawa Timur memiliki kekuatan di kedua sektor tersebut, sehingga memiliki komitmen yang kuat untuk mengisi peluang tersebut. Untuk itu UNUSA bekerja sama dengan Koba Mirai Jepang, yang merupakan sebuah lembaga terdepan di jepang yang bergerak dalam bidang keperawatan dan kebidanan. Koba Mirai merupakan lembaga pelatihan kerja yang bertujuan untuk menciptakan tenaga kerja yang berkompeten dibidangnya.

Unusa dalam upaya memberikan lulusannya untuk bekerja di Jepang, khususnya lulusan keperawatan dan kebidanan, telah menandatangani MoU dengan Koba Mirai Jepang pada senin (17/1/2022) siang di kantor Rektorat UNUSA. disaksikan oleh CEO Koba Group, Tomonori Kobayashi serta Budiraharjo, SE., M.Si, Kepala Bagian Penempatan Tenaga Kerja Disnaker Jatim. MoU ditandatangani oleh Rektor UNUSA, Prof.Dr.Ir Achmad Jazidie.,M.Eng dan Direktur Koba Group, Lisa Heriyati.

Mr.Tomonori Kobayashi menjelaskan tentang kebutuhan Jepang terkait tenaga kerja di bidang Spesifik Skill Worker (SSW). Dalam lima tahun ke depan akan ada sekitar 345 ribu tenaga kerja lagi yang dibutuhkan oleh 14 bidang industri di Jepang. Sekitar 60.000 di antaranya adalah pekerja di bidang perawat. Koba Group sebagai salah satu lembaga pemerataan tenaga kerja berharap banyak pada UNUSA karena memiliki program studi keperawatan dan kebidanan. Ms Kobayashi mengungkapkan bahwa pekerja migran dari Indonesia lebih disukai oleh orang Jepang dibandingkan dari negara lain, karena sikap sopan dan cara berpikir mereka yang kritis. “Kendala utama TKI adalah kemampuan berbahasa Jepang. Oleh karena itu, Koba Group melalui kerjasama dengan UNUSA bersama-sama mempersiapkan calon TKI dalam penguasaan bahasa dan pengenalan budaya Jepang. Koba Group secara khusus akan memberikan kursus bahasa Jepang sesuai kebutuhan TKI. Industri Jepang Selain itu, Koba juga menawarkan program magang bagi mahasiswa selama 3-6 bulan hingga satu tahun.Rektor UNUSA Achmad Jazidie yang juga alumnus Hiroshima University menyambut baik tawaran tersebut. InsyaAllah UNUSA mampu mengisi pasar kerja di luar negeri, tidak hanya ke Jepang.

Anda mungkin juga suka...